Cara menghilangkan Minyak di Wajah Pria

6 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Pria Paling Efektif

Cara menghilangkan minyak di wajah pria banyak dicari. Wajah yang berminyak menjadi sumber masalah pada kulit seperti memunculkan komedo, jerawat, pori yang membesar dan sebagainya. Wajah berminyak berbeda dengan glowing, untuk membedakannya Anda bisa mengusapkan jari ke wajah. Jika di jari Anda lengket dan terdapat bekas minyak bisa dipastikan jika wajah Anda berminyak, sedangkan jika di jari Anda tidak ada bekas minyak maka kulit Anda glowing.

Sama dengan wanita, pria juga memiliki kelenjar yang sering disebut dengan kelenjar sebaceous. Kelenjar ini memiliki tugas untuk melindungi kulit dengan pelumas alami atau minyak yang disebut dengan sebum. Meski terlihat baik dan normal, pria juga memiliki hormon DHT atau yang biasa disebut dengan dihidrotestosteron dalam tubuh. Hormon ini pula yang membuat pria menjadi lebih maskulin. Sayangnya DHT yang tinggi akan membuat produksi sebum berlebih dan terlihat berminyak. Jika Anda mengalaminya, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan minyak di wajah pria  yang bisa dilakukan:

Jaga Kebersihan Kulit

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kebersihan kulit. Dengan menjaga kebersihan kulit ini produksi minyak di wajah akan bisa dikendalikan. Pembersihan wajah dilakukan dengan benar agar tidak merusak atau membuat kulit iritasi. Anda harus bersikap selektif dalam memilih sabun wajah ini karena banyak yang justru mengandung bahan kimia. Bahan itu akan membuat kulit menjadi iritasi dan kering.

Eksfoliasi Wajah

Cara menghilangkan minyak di wajah pria yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah eksfoliasi wajah. Eksfoliasi ini adalah pengelupasan dan pengangkatan kulit mati yang mana bisa Anda lakukan dua kali dalam seminggu. Jangan terlalu sering untuk eksfoliasi ini karena menyebabkan iritasi.  Pilih yang butiran scrub yang lembut dan tidak kasar karena akan menyebabkan kulit Anda menjadi iritasi.

Hindari Membersihkan Wajah Terlalu Sering

Membersihkan wajah memang bagus untuk kesehatan namun jika terlalu sering justru akan membuat wajah menjadi kering. Wajah yang kering justru akan memicu kulit Anda memproduksi sebum yang lebih banyak sehingga minyak akan kembali muncul.

Agar kulit Anda sehat dan terhindar dari minyak Anda harus membersihkan kulit Anda pada pagi dan malam hari. Saat siang hari Anda juga bisa mencuci wajah Anda namun yang harus Anda hindari adalah jika wajah Anda panas sehabis terkena terik sinar matahari jangan membasuh atau mencuci muka Anda karena membuat kulit wajah Anda menjadi tidak sehat.

Pakai Masker Wajah

Mencuci wajah saja tidak cukup. Anda bisa menghilangkan minyak di wajah dengan menggunakan masker wajah yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Pilih masker yang terbukti bisa mengurangi sebum misalnya charcoal atau mud dan pore clay. Anda bisa menggunakannya secara teratur agar minyak di wajah Anda semakin berkurang.  Sebelum menggunakan masker wajah pastikan jika kulit Anda dalam kondisi dan keadaan bersih.

Gunakan Pelembab untuk Kulit Berminyak

Cara menghilangkan minyak di wajah pria yang bisa dilakukan selanjutnya adalah menggunakan pelembab khusus kulit berminyak. Mungkin banyak yang bertanya mengapa harus menggunakan pelembab padahal kulit sudah berminyak dan lengket. Sebenarnya sebum ini memang untuk melembabkan kulit namun hanya bertahan pada permukaan kulit saja. Lapisan kulit dalam juga memerlukan kelembaban, Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan pelembab tambahan.

Ubah Gaya Hidup

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah ubah gaya hidup.  Kedengarannya sulit namun solusi ini justru ampuh dan hasilnya permanen. Gaya hidup yang sehat penting untuk menentukan kondisi kesehatan tubuh termasuk kulit wajah. Agar kulit tidak berminyak Anda bisa menghindari junk food dan fast food, perbanyak konsumsi buah dan sayur, dan minum air putih yang cukup agar kulit tetap terhidrasi.

Kulit yang berminyak adalah sumber masalah bagi kulit. Lakukan beberapa cara menghilangkan minyak di wajah pria diatas agar minyak di wajah Anda segera hilang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *